Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghitung Persentase Dari Jumlah Total di Ms Excel

Anda lagi menyelesaikan pekerjaan tapi kebingungan saat menghitung persentase dari jumlah total di dokumen Ms Excel. Biasanya data yang tersedia hanya dua. Tapi kali ini anda menemukan sejumlah data yang perlu dijumlahkan kemudian dicari persentasenya atau bentuk persennya. Kalau dijumlahkan ditempat lain akan membuat data dokumen jadi diragukan. Jadi harus digunakan satu rumus langsung. 

Anda perlu menggabungkan rumus jumlah data di Ms Excel yaitu Sum dengan rumus persen yaitu data yang ingin dicari persentasenya kemudian dibagi dengan data utuh yang jadi patokan nilai 100 persen lalu dikalikan lagi dengan angka 100 sebagai angka persen sehingga di dapat nilai persennya. Cara tersebut cukup ribet, maka akan saya buatkan cara sederhananya dengan menggunakan satu rumus saja dalam satu kolom.

Langkah-Langkah Menghitung Persentase Dari Jumlah Total di Ms Excel

Agar lebih mudah dipahami anda perlu melakukan satu persatu langkah demi langkah di bawah ini. Ingat jangan ketik tanda petik dua dan maksud klik adalah klik kiri pada mouse.

  1. Pada kolom yang ingin dimunculkan nilai persentasenya anda ketik "=" (sama dengan).
  2. Kemudian anda ketik "SUM(" lalu anda klik awal data lalu blok geser ke kanan hingga akhir data, yaitu data-data yang ingin dijumlahkan.
  3. Setelah selesai anda ketik ")" atau klik dua kali.
  4. Anda ketik simbol pembagian "/" berupa garis miring.
  5. Klik kolom data yang merupakan patokan nilai 100 persen.
    rumus
  6. Untuk mendapatkan nilai persentase, yang biasanya dikalikan 100 tapi untuk di Ms Excel anda tidak perlu melakukan itu cukup gunakan fitur persentase di Ms Excel yang fungsinya sama yaitu mengalikan nilai dengan angka 100 sekaligus memunculkan simbol persentase (%)
    persentase
  7. Jika nilai persen terdapat dua angka di belakang koma dan anda tidak ingin ada komanya maka anda bisa hilangkan dengan cara klik pada bagian Home lalu kelompok Number kemudian klik tanda panah kanan dan terdapat angka koma serta nol. Lebih jelasnya lihat pada gambar pada bagian yang dibungkus garis warna merah.
    hilangkan nol belakang koma

Setelah melalukan langkah-langkah di atas. Maka anda seharusnya telah selesai mendapatkan nilai Persentase dari jumlah total data di Ms Excel. Semoga cara yang saya ajarkan ini bisa anda pelajari dan praktekan dengan baik.

Post a Comment for "Cara Menghitung Persentase Dari Jumlah Total di Ms Excel"